Selasa, 12 April 2011

Labu Botol untuk Melangsingkan Badan


Siapa yang tidak kenal labu? Jenis sayuran yang satu ini sering dibuat gulai atau campuran sayur gurih. Rasanya manis dan segar karena mengandung banyak air. Labu ini ternyata juga bisa membuat berat badan tetap terjaga atau justru turun. Mau coba?

Labu adalah salah satu jenis sayuran yang berasal dari tanaman rambat serta memiliki jenis yang beragam. Bernama latin Lageneria vulgaris, merupakan sayuran asal Afrika yang pertama dibudidayakan oleh manusia.

Labu memiliki banyak jenis, di antaranya labu kuning, labu air, labu botol, dan labu waluh atau labu siam. Labu memiliki rasa yang sama, manis, renyah, dan menyegarkan. Hanya saja setiap labu memiliki bentuk dan tekstur kulit yang berbeda.

Dari sekian jenis labu, labu botol lah yang memiliki khasiat lebih untuk memelihara kesehatan tubuh dan efektif menurunkan berat badan. Memiliki warna kulit hijau dengan tekstur kulit keras, daging buah berwarna putih dengan biji berwarna putih yang tertanam dalam daging buah yang kenyal/ Bentuknya seperti botol arak Cina karena itu populer dengan nama 'labu botol'.

Labu botol ini, masih dalam keluarga Cucurbitaceae yang sudah banyak dibudidayakan di daerah tropis, terutama India, Sri Langka, Indonesia, Malaysia, Filipina, China, Afrika tropis dan Amerika Selatan.

Tidak hanya berkhasiat untuk menurunkan berat badan, tetapi juga berkhasiat dahsyat untuk mencegah beberapa jenis masalah kesehatan,seperti diungkap oleh lifemojo:

Menjaga suhu tubuh tetap dingin
Labu ini memiliki kandungan air yang cukup banyak dan mudah dicerna serta diserap oleh tubuh. Memiliki sifat diuretik yang menyegarkan sehingga berguna sebagai pendingin tubuh dan memberi rasa tenang sehingga dapat mengurangi stres.

Gangguan saluran kemih
Segelas jus labu botol yang di campur 1sdt air jeruk nipis, memberikan kandungan senyawa alkali yang berfungsi mencegah adanya gangguan pada saluran kemih yang disebabkan tingginya kandungan asam dalam kencing.

Rendah kalori dan lemak
100 gr labu botol, memiliki 0,1 jumlah lemak dan t 15 kalori. Walaupun begitu, jenis labu ini kaya kan serat. Memiliki 96% kandungan air serta memberikan sejumlah vitamin, seperti vitamin C, B dan mineral (zat besi, natrium, serta kalium).

Berat badan
Labu botol yang kaya akan kandungan air ini, sangat rendah kalori, lemak dan tinggi serat. Menjadikan makanan ini baik untuk diet. Makan atau minum jus labu botol di pagi hari akan memelihara rasa kenyang sampai makan siang nanti. Jadi cocok buat mereka yang menjaga berat badan.

Memelihara kulit
Jenis sayuran ini juga baik untuk kulit dengan jenis apapun. Makan atau minum labu botol akan membantu melindungi kulit dari berbagai jenis infeksi kulit dan jerawat.

Insomnia
Minum jus labu botol dengan sedikit campuran minyak wijen bisa menjadi obat alami menghilangkan insomnia.

Sebagai elektrolit tubuh
Segelas jus labu botol, bisa menjadi obat berharga untuk menghilangkan dehidrasi berlebih saat diare berat, serta dapat mencegah kehilangan natrium pada tubuh. Selain dapat menghilangkan dahaga atau rasa haus, juga dapat menghilangkan rasa lelah.

Labu botol ini banyak dijual di pasar tradisional. Bisa ditumis, dipakai sebagai campuran sayur bening, sayur asam, kari atau gulai. Juga enak dibuat jus dengan campuran air jeruk nipis dan buah segar lainnya

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar